“Wreck-It Ralph”

Wreck-It Ralph Poster

Wreck-It Ralph Poster

Sutradara : Rich Moore

Cerita : Rich Moore, Phil Johnston, Jim Reardon

Studio : Walt Disney Pictur & Animation Studio

Genre: Animasi, Keluarga, Komedi

Tahun Rilis : November 2012

Durasi : 101 Menit

Pernahkah terbayang dipikaran anda bahwa seorang tokoh dalam permainan video game ternyata memiliki perasaan dan tidak ingin menjadi tokoh yang dia lakoni? Ini lah yang terjadi dalam sebuah film berjudul “Wreck-It Ralph”. Tokoh utama dalam film ini adalah seorang tokoh antagonis dalam permainan video game “Fix-It Felix, Jr.” bernama Ralph. Permainan “Fix-It Felix, Jr.” adalah permainan sederhana di mana Ralph menghancurkan gedung Penthouse dan pemain game memerankan tokoh Felix dan membenahi gedung yang dihancurkan oleh Ralph. Setelah semua level selesai maka akan ada babak bonus dan pemain akan memenangkan sebuah medali.

Cerita diawali dalam sebuh perkumpulan tokoh antagonis, di mana Ralph ingin sekali-sekali menjadi tokoh yang berperan baik, dikagumi oleh banyak orang dan dapat memiliki medali. Namun, niat baiknya ini justru menjadi boomerang bagi dirinya sendiri. Ketika Ralph menghadiri pesta perayaan 30 tahun game “Fix-It Felix, Jr.” di Penthouse dan mengutarakan niat baiknya itu orang-orang menjadi bingung dengan apa yang diutarakan sang tokoh antagonis ini, dan ia malah menghacurkan pesta di sana. Ralph memutuskan untuk pergi berjalan-jalan, dan petualangan besar pun di mulai saat ia menyamar menjadi pasukan dalam permainan video game “Hero’s Duty”. Permainan diakhiri dengan ditembakkannya sinar laser ke langit dan semua cy-bug (yang tertarik pada cahaya) mendatangi cahaya itu dan lenyap terkena sinar lase. Dalam permaian itu dia tidak mengira bahwa untuk mendapat medali dengan melawan cy-bug akan menjadi sangat sulit. Bahkan ia mengacaukan permainan itu. Di saat yang bersamaan pula dalam permaian “Fix-It Felix, Jr.” sang tokoh antagonis justru tidak muncul dan dianggap rusak oleh pemain game tersebut. Karena permainan terancam ditutup dan tidak digunakan lagi dan pemainnya akan menjadi tuna wisma, Felix akhirnya keluar dari permaian tersebut dan mencari di mana Ralph berada. Ralph ternyata bisa mendapatkan medali dalam permaian “Hero’s Duty”, tapi ternyata ia membangunkan telur cy-bug yang menyebabkan kekacauan yang lebih fatal lagi. Banyak orang mengira bahwa Ralph ingin menjadi seperti Turbo, seorang tokoh dalam permainan balapan kuno yang sangat terkenal. Hingga suatu saat ada permainan baru yang lebih mencuri perhatian dari pada tokoh turbo yang selalu menang ini. Turbo masuk dalam permainan baru itu dan mengacaukan segalanya. Akhirnya dua permaian tersebut dicabut dan tidak digunakan lagi.

Ralph terbang dengan roket menuju permainan “Sugar Rush”, sebuah permaian balapan mini-go-kart yang dikemas secara lucu. Di sana ia bertemu dengan tokoh glitchy(error), Venellope von Schweetz. Venellope tidak mengikuti permainan balapan tersebut karena dianggap rusak ketika program permainan dibuat. Ralph tidak ingin kehilangan medali yang telah ia raih itu. Medali yang telah dimiliki oleh Ralph justru digunakan Venellope sebagai syarat untuk mengikuti permainan. Satu-satunya cara untuk mendapatkan kembali medali itu adalah dengan memenangkan perlombaan balap itu. King Candy menolak dengan keras Venellope untuk mengikuti perlombaan ini. Jika ada yang memilih Venellope sebagai lakon dan mengetahui bahwa Venellope ternyata memiliki error, maka permainan “Sugar Rush” dapat terancam ditutup, tokoh dalam permainan tersebut akan kabur dan tidak memiliki rumah tinggal(selain dalam permaian). Ralph berusaha meyakinkan Venellope agar tidak mengikuti perlombaan ini hingga ia menghancurkan kart milik Venellope. Ralph kini tidak dapat mendapatkan kembali medalinya, bahkan permainan “Fix-It Felix, Jr.” pun telah ditinggalkan oleh para tokoh di dalamnya. Saat itu dia melihat Venellope dalam gambar di papan permaian “Sugar Rush”, ia penasaran jika Venellope adalah sebuah kesalahan bagaimana bisa fotonya berada pada papan permainan. Ralph mengklarifikasi semuanya ini pada pengawal King Candy dan mengancam akan menelan permen pengawal raja ini hingga habis jika tidak mengatakan yang sebenarnya. Dan ternyata benar, King Candy dengan sengaja menghapus dan merusak kode program Venellope dan menghapus semua memori penduduk permainan “Sugar Rush”. Ternyata hanya dengan mengikutkan Venellope dalam permainan dan melewati garis finish maka semua kode error dan kode program yang disembunyikan dapat kembali seperti semula. Ternyata Venellope lebih dari sekedar melewati garis finish, yaitu menjadi juara pertama. Namun, tidak semudah itu ternyata. King Candy menghalangi segala niat Venellope dan terbongkarlah semuanya bahwa King Candy adalah penyamaran dari Turbo. Tidak hanya itu Cy-bug yang dikira sudah mati ternyata berkembang-biak di bawah tanah pada permainan “Sugar Rush”. Tanah “Sugar Rush” menjadi kacau balau, bahkan niat untuk melewati garis finish tanpa memandang juara digagalkan begitu saja karena cy-bug memakan dan menghacurkan garis finish. Semua tokoh berlari keluar dari permainan tersebut tetapi Venellope tidak dapat keluar karena error yang dimilikinya, sehingga ia akan tinggal dalam permainan itu selamanya. Ralph tidak ingin kehilangan sahabat barunya itu. Ralph meledakkan Gunung Cola-diet sehingga menarik perhatian dan membunuh semua cy-bugs. Setelah suasana negri Sugar Rush kembali normal, Fix-It Felix membenahi garis finish yang telah dihancurkan cy-bug dan Venellope akhirnya dapat melewati garis finish itu.

Ternyata Venellope adalah ratu negeri Sugar Rush, kebeneran terungkap sudah dan semua permainan dapat kembali berjalan seperti sedia kala.

Refleksi:

Film ini mengajarkan kita mengubah pola pikir, atau bisa saya katakan mengubah sudut pandang. Tokoh Ralph dalam permainan tersebut dianggap jahat karena ia menghancurkan gedung dan mengganggu semua orang. Tetapi ia tidak dianggap jahat oleh Venellope karena telah membantunya meraih impiannya. Satu tokoh tetapi ketika dilihat dari sudut pandang yang berbeda ternyata benar-benar berbeda. Tokoh yang tadinya jahat ternyata tidak selamanya ia jahat.

Hal tersebut menyadarkan saya, sebagai generasi muda penerus bangsa jika saya ingin menjadi seseorang yang baik di mata orang lain, tidak selamanya juga saya akan menjadi baik karena sudut pandang orang-orang itu berbeda-beda. Dan ketika saya melakukan kebaikan, pasti ada satu hal yang saya korbankan. Seperti yang romo pamong saya dulu katakan, tidak selamanya / tidak selalu kamu dapat membahagiakan semua orang, pasti ada yang dikorbankan. Maka dari itu kemampuan untuk memilih, kemampuan untuk menentukan prioritas menjadi sangat penting. Hidupmu tidak selalu mengalir begitu saja, hidupmu adalah apa yang kamu pilih. Bahkan hal kecil sekali pun, menentukan ingin berbelok ke kiri atau ke kanan dapat mengubah 180o hidup ini. Saya katakana sekali lagi, setiap keputusan yang diambil pasti akan memberi dampak pada orang-orang di sekitar kita. Hal itu bisa berarti orang lain memandang buruk atau baik tergantung dari sudut pandang mereka.

“Aku ini buruk, dan itu baik. Aku tidak akan pernah menjadi baik, dan itu tidak buruk. Aku tidak akan pernah menjadi yang lain selain diriku”

–          Wreck-It Ralph

About blueprint

Aku adalah orang yang cenderung menggunakan perasaan dalam menghadapi sesuatu dan masa mudaku aku habiskan di dalam sekolah berasrama. I have so much thoughts in my mind, but I'm not smart in writing and speaking. Maybe those thoughts help me to interact with others. A lot of my friends said that I'm humorous person, but I said I'm bashful. Some call me arrogant, but i call it confident. And I realize, it was my way to cover my real personality.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s