Indonesia merupakan Negara yang terkenal dengan keberagaman dalam berbagai hal. Melalui sejarah perkembangan yang terjadi di Indonesia dengan melihat sisa-sisa peninggalan yang ada, Indonesia sangat kaya akan unsur kebudayaan, bahasa, adat-istiadat, agama, dan lain-lain. Keragaman budaya dan agama tersebut sampai saat ini masih ada yang tersisa. Hal itulah yang menjadi dasar para founding fathers untuk mempertahankan kekayaan Indonesia. Agama yang masih eksis dan diakui di Indonesia ini antara lain Islam, Katolik, Hindu, Budha, dan Kristen. Akan tetapi semenjak masa pemerintahan Presiden RI yang ke-4, Abdurahman Wahid, agama-agama yang lain selain yang telah disebutkan diatas pun dapat pula masuk ke Indonesia asalkan bersifat monoteisme. Hal tersebut membuktikan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia sangat menjunjung tinggi perbedaan.

Image

Keberagaman agama serta budaya ini tentu jika didukung sikap saling menghormati dan menghargai antara satu dengan yang lainnya tentu akan menciptakan suasana lingkungan yang harmonis. Kebanyakan masalah antar agama yang terjadi karena tidak adanya pengertian. Yang satu menganggap yang lain berbeda, perbedaan tersebut kemudian dianggap menjadi ancaman, sehingga antara satu agama dengan agama yang lain tidak merasakan adanya rasa aman.

Sebagai generasi muda yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, segala hal yang diterima baik secara materi maupun secara psikis akan memberikan dampak di masa depan. Jika sejak kecil seseorang sudah mendapat pemahaman yang salah akan suatu perspektif, kedepannya nanti seseorang tersebut akan mengalami banyak masalah pula. Maka dari itu, pemahaman akan pluralisme agama dalam perspektif kesatuan haruslah ditanamkan dengan benar.

sumber gambar: http://www.google.co.id/imgres?num=10&hl=en&sa=X&tbo=d&qscrl=1&biw=1366&bih=705&tbs=isz:m&tbm=isch&tbnid=YaBJf5OZ88hJjM:&imgrefurl=http://sosbud.kompasiana.com/2012/07/07/pluralisme-di-nusantara-adalah-kekayaan-bangsa/&docid=Uu4nxYLZklFkoM&imgurl=http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2010/12/12918945062074665905.gif&w=400&h=401&ei=0vHLUIKiDILwrQfBvoD4DA&zoom=1&iact=hc&vpx=198&vpy=150&dur=4565&hovh=225&hovw=224&tx=125&ty=119&sig=118030122325007888714&page=1&tbnh=149&tbnw=148&start=0&ndsp=31&ved=1t:429,r:1,s:0,i:86

About blueprint

Aku adalah orang yang cenderung menggunakan perasaan dalam menghadapi sesuatu dan masa mudaku aku habiskan di dalam sekolah berasrama. I have so much thoughts in my mind, but I'm not smart in writing and speaking. Maybe those thoughts help me to interact with others. A lot of my friends said that I'm humorous person, but I said I'm bashful. Some call me arrogant, but i call it confident. And I realize, it was my way to cover my real personality.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s